Tips Membersihkan Wastafel Cuci Piring

Wastafel cuci piring adalah salah satu area yang paling sering digunakan di dapur, sehingga mudah kotor dan berbau tidak sedap jika tidak dibersihkan secara rutin. Berikut adalah beberapa tips efektif untuk membersihkan wastafel cuci piring agar tetap bersih, higienis, dan bebas bau.
“Kunjungi juga artikel tentang: jasa bersih rumah tangerang selatan

1. Kumpulkan Alat dan Bahan Pembersih

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan yang bisa Anda gunakan antara lain:
  • Spons atau sikat pembersih
  • Sabun cuci piring
  • Baking soda
  • Cuka putih
  • Lemon
  • Air panas
  • Kain atau lap bersih

2. Buang Sisa Makanan dan Kotoran

Langkah pertama adalah membuang semua sisa makanan dan kotoran dari wastafel. Gunakan saringan wastafel untuk mengumpulkan sisa makanan agar tidak menyumbat saluran pembuangan.

3. Cuci Permukaan Wastafel

Basahi seluruh permukaan wastafel dengan air hangat. Oleskan sabun cuci piring pada spons atau sikat pembersih, lalu gosok seluruh permukaan wastafel termasuk bagian sudut dan dasar wastafel. Bilas dengan air bersih.

4. Gunakan Baking Soda untuk Noda Membandel

Untuk noda yang sulit dihilangkan, taburkan baking soda pada area yang terkena noda. Biarkan beberapa menit, lalu gosok dengan spons atau sikat. Baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang efektif mengangkat noda tanpa merusak permukaan wastafel.

5. Bersihkan dengan Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan alami yang ampuh untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau. Tuangkan cuka putih ke dalam botol semprot, semprotkan pada seluruh permukaan wastafel, dan biarkan selama 5-10 menit. Gosok dengan spons, lalu bilas dengan air bersih.

6. Gunakan Lemon untuk Kilau dan Aroma Segar

Potong lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada permukaan wastafel. Lemon tidak hanya memberikan kilau alami pada wastafel, tetapi juga meninggalkan aroma segar. Bilas dengan air bersih setelahnya.

7. Bersihkan Saluran Pembuangan

Saluran pembuangan sering menjadi sumber bau tidak sedap. Untuk membersihkannya, tuangkan campuran baking soda dan cuka ke dalam saluran, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air panas. Campuran ini membantu melarutkan lemak dan kotoran yang menempel di dinding saluran.

8. Lap Kering dengan Kain Bersih

Setelah membersihkan wastafel, lap seluruh permukaannya dengan kain bersih untuk mengeringkannya. Mengeringkan wastafel membantu mencegah munculnya bercak air dan menjaga kebersihan lebih lama.

9. Rutin Membersihkan Wastafel

Lakukan pembersihan wastafel secara rutin setidaknya sekali seminggu. Selain itu, segera bersihkan sisa makanan dan noda setiap kali selesai digunakan untuk mencegah penumpukan kotoran.

10. Perhatikan Detail Kecil

Jangan lupakan bagian kecil seperti keran dan saringan wastafel. Bersihkan keran dengan cuka atau baking soda untuk menghilangkan noda air dan karat. Saringan wastafel juga perlu dibersihkan secara berkala untuk mencegah penumpukan kotoran dan bakteri.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, wastafel cuci piring Anda akan tetap bersih, higienis, dan bebas dari bau tidak sedap. Membersihkan wastafel secara rutin tidak hanya membuat dapur terlihat lebih rapi, tetapi juga menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan di sekitar Anda.